fbpx
T.Care-Logo
Beranda
Profil
Donasi
Berita
Masuk

Warga Jakarta Timur Kumpulkan 24 Ribu Liter Jelantah di Bulan Maret

(8/4) Program pengumpulan minyak jelantah di Jakarta Timur tembus 24 ribu liter di Bulan Maret. Hal tersebut disampaikan Direktur Program T.CARE, Reby Bagja. Menurutnya, susah susah gampang mengedukasi masyarakat supaya mau mengumpulkan minyak jelantah.

“Susah susah gampang sih mengedukasi masyarakat Jakarta Timur ini. banyak anggapan kalo minyak yang kita kumpulkan nantinya akan dijadikan minyak curah. Padahal, minyak jelantah ini akan kita ekspor dan dikonversi menjadi biodiessel, yang nanti nilai ekonomisnya dikembalikan lagi kepada masyarakat, serta untuk berbagai kegiatan sosial”.

Lebih rincinya, total minyak jelantah yang terkelola di Jakarta Timur di Bulan Maret sebanyak 24.537,5 liter. Herwansyah, Kasudin LH Jakarta Timur dalam pers nya juga menyampaikan terimakasih kepada T.CARE atas aktifitas pengelolaan minyak jelantah selama ini yang fokus di Jakarta Timur. menurutnya, masalah lingkungan ini tidak mampu dituntaskan oleh pemerintah saja. Butuh banyak aktor yang sama sama peran aktif sebagai wujud Jakarta Kota Kolaborasi.

“Sungguh memprihatinkan apabila 24 ribu liter jelantah ini justru mencemari lingkungan. Karenannya aktifitas pengumpulan jelantah ini sangat positif sekali. Apalagi masyarakat juga mendapatkan nilai ekonomis sekaligus berdonasi. Inilah yang dinamakan jelantah membawa berkah.” ungkap Herwansyah, dalam pers nya (7/4).

Di DKI Jakarta, ada banyak vendor pengumpul minyak jelantah. Namun dengan jumlah pengumpulan 24 ribu liter merupakan perolehan terbesar aktifitas pengumpulan jelantah oleh lembaga sosial di DKI Jakarta.