fbpx
T.Care-Logo
Beranda
Profil
Donasi
Berita
Masuk

PLN Jadi Kolaborator BUMN Pertama Dalam KSBB Persampahan DKI

Jakarta (29/03) – Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) bidang persampahan DKI Jakarta yang diluncurkan Gubernur DKI pada 2 Maret lalu nampaknya mulai berjalan secara optimal. Platform digital ini memberikan akses para pemberi bantuan dari pihak mitra kolaborator (PKBL/CSR/lembaga/perseorangan) kepada pihak masyarakat pengelola sampah.

Ambil bagian untuk fasilitasi bank sampah, PT. PLN (Persero) UID Jakarta Raya jadi perusahaan BUMN pertama yang memberi bantuan dalam bidang persampahan. Dalam hal ini, PT. PLN (Persero) UID Jakarta Raya memberikan bantuan berupa 5 paket pelatihan, 5 unit timbangan digital, dan 1 unit mesin pencacah sampah untuk 5 bank sampah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara melalui mitra aggregator T.CARE. Dukungan fasilitas bank sampah yang diberikan tentunya untuk menunjang kegiatan pengelolaan sampah secara mandiri oleh masyarakat, yang mana bank sampah merupakan salah satu kunci untuk mengurangi pesebaran sampah yang ada di lingkungan, melalui pola menabung sampah.

Kegiatan simbolis serah terima bantuan dilkukan di Kantor Lurah Cilincing, pada 29 Maret 2021. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kasudin LH Jakarta Utara, Lurah Cilincing, Manajer PT PLN (Persero) UP3 Marunda, Direktur Program T.CARE, serta perwakilan dari 5 bank sampah di Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup, Achmad Hariadi berharap, dengan adanya bantuan ini dapat memudahkan aktivitas bank sampah dalam mengurangi sampah, terutama sampah an-organik. Menurutnya, dimanapun sampah berada, bukanlah semata-mata hanya tanggung jawab pemerintah, baik dari segi penampungan maupun pengelolaan. Namun tanggung jawab masyarakat bersama untuk mengurangi sampah, terutama dari sumbernya. karena menurut data Dinas LH DKI, di Jakarta sendiri 70% sampah bersumber dari rumah tangga, dan 30% sisanya berasal dari industri.

Nuyusrizal, Manajer UP3 Marunda PT PLN (persero) juga menyampaikan, bahwa 21 ton sampah per hari dikelola di 2119 Bank sampah yang tersebar di DKI Jakarta, tidak sebanding dengan sarana prasarana yang dimiliki dan pemahaman komprehensif tentang tata kelola bank sampah. Karenanya PLN hadir untuk memberikan bantuan  fasilitas bank sampah, berupa mesin pencacah dan timbangan digital, serta paket pelatihan bagi para pengurus bank sampah di 5 bank sampah wilayah Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara.

Direktur Program T.CARE, Reby  juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, khususnya kepada PT. PLN (Persero) UID Jakarta Raya yang sudah memberikan bantuan fasilitas bank sampah, serta para pejabat pemerintahan Jakarta Utara khususnya Suku Dinas LH Jakarta Utara dan Lurah Cilincing. “Kami T.CARE, sebagai pihak yang menjembatani (aggregator) bantuan kepada masyarakat berharap, adanya kegiatan ini menjadi akses memudahkan kegiatan pengelolaan sampah, sampai ke lingkup masyarakat, sehingga volume kiriman sampah ke TPST Bantar Gebang dapat berkurang.”

Kegiatan ini ditutup dengan simbolis serah terima bantuan bank sampah dari pihak PT PLN (Persero) UID Jakarta Raya melalui T.CARE kepada Kasudin LH Jakarta Utara dan Lurah Cilincing. Selanjutnya, penyerahan bantuan berupa paket pelatihan, 5 unit timbangan, dan 1 unit mesin pencacah akan dilakukan di 5 titik bank sampah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara.